Selasa, 19 Februari 2013


PROSES KEDATANGAN YESUS KEDUA KALI

Tahap pertama adalah Yesus datang untuk (coming for) menjemput orang-orang percaya. Pada tahap pertama ini Yesus datang di awan-awan. Orang-orang percaya yang memenuhi syarat diubah menjadi tubuh-tubuh kemuliaan dan diangkat menyambut Yesus di angkasa itu. Kemudian di sorga terjadi peristiwa ”Bema” dan ”Pesta Perkawinan Anak Domba”. Sementara di bumi terjadi masa aniaya atau kesusahan besar atau tribulasi selama 7 tahun.



Ilustrasi orang percaya

Adapun kronologi kadatangan Yesus tahap kedua itu adalah sebagai berikut. Pertama, pada akhir masa tribulasi Antikris dan bangsa-bangsa menyerang Israel. Kedua, dua pertiga orang Israel dihancurkan dan sepertiga sisanya akhirnya mencari Tuhan. Merek bertobat kepada Kristus. Mengenai pertobatan itu Zakaria menubuatkan, ”Aku akan mencurahkan roh pengasihan dan roh permohonan atas keluarga Daud dan atas penduduk Yerusalem, dan mereka akan memandang kepada dia (Yesus Kristus) yang telah mereka tikam, dan akan meratapi dia seperti anak tunggal, dan akan menangisi dia dengan pedih seperti orang menangisi anak sulung” (Za 12:10). Ketiga, Kristus akan datang untuk menghancurkan Antikris dan nabi palsu dan bangsa-bangsa yang menyerang Israel tersebut. Mengenai kedatangan tahap kedua yang menghancurkan Antikris itu Kitab Wahyu menyatakan, ”Maka tertangkaplah binatang (Antikris) itu dan besama-sama dengan dia nabi palsu…. Keduanya dilemparkan hidup-hidup ke dalam lautan api yang menyala-nyala oleh belerang. Dan semua orang lain dibunuh dengan pedang, yang keluar dari mulut Penunggang kuda itu; dan semua burung kenyang oleh daging mereka” (Why 19:20-21).

CIRI-CIRI KEDATANGAN YESUS KEDUA KALI

Ciri-ciri kedatangan Yesus pada tahap kedua ini adalah sebagai berikut :

Pertama, kedatangan tahap kedua itu terlihat semua orang. Yesus sendiri mengatakan, ”Pada waktu itu akan tampak tanda Anak Manusia di langit dan semua bangsa di bumi akan meratap dan mereka akan melihat Anak Manusia itu datang di atas awan-awan di langit dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya” (Mat 24:29-30). Yohanes juga menyatakan, ”Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin” (Why 1:7). Chris Marantika menduga, mungkin Yesus akan turun secara mengitari bumi sehingga memungkinkan kemuliaan-Nya disaksikan oleh seluruh dunia. Sementara menurut John MacArthur, teknologi televisi dan media modern memungkinkan semua orang dari seluruh penjuru dunia melihat secara langsung (live) peristiwa terakbar itu.


Ilustrasi kedatangan Yesus 
akan disaksikan oleh semua orang diseluruh duni

Kedua, kedatangan tahap kedua itu terjadi di bukit Zaitun sama seperti waktu kenaikan-Nya dulu (Kis 1:12). Nabi Zakaria menubuatkan, “Pada waktu itu kaki-Nya akan berjejak di bukit Zaitun yang terletak di depan Yerusalem di sebelah timur. Bukit Zaitun itu akan terbelah dua dari timur ke barat, sehingga terjadi suatu lembah yang sangat besar, setengah dari bukit itu akan bergeser ke utara dan setengah lagi ke selatan” (Za 14:4).

Ketiga, kedatangan tahap kedua itu adalah kedatangan-Nya bersama (coming with) orang-orang kudus-Nya untuk menghakimi dunia dan selanjutnya memerintah dalam Kerajaan Seribu Tahun. Alkitab menyatakan, ”Sesungguhnya Tuhan datang dengan beribu-ribu orang kudus-Nya, hendak menghakimi semua orang-orang fasik karena semua perbuatan fasik, yang mereka lakukan dan karena semua kata-kata nista, yang diucapkan orang-orang berdosa yang fasik itu terhadap Tuhan” (Yud 14).

Keempat, kedatangan tahap kedua itu adalah kedatangan yang penuh kemuliaan. Rasul Petrus mengatakan, ”Sebaliknya, bersukacitalah, sesuai dengan bagian yang kamu dapat dalam penderitaan Kristus, supaya kamu juga boleh bergembira dan bersukacita pada waktu Ia menyatakan kemuliaan-Nya” (1 Ptr 4:13).

Bersambung >>>>>>Milenium.


Tiada ulasan:

Catat Ulasan